Berita Foto dan Video



Senin, 20 Juni 2011

Nasib Buruh, Mengenaskan


Sebanyak 170 buruh PT Micro Garment yang tergabung dalam Serikat Buruh Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB) bertahan hingga tiga hari dari Senin sampai Rabu (23-25 Mei 2011)  berunjuk rasa dan menginap di halaman Gedung Sate Bandung. Untuk menuntut perbaikan nasib mereka di tempatnya bekerja. Mereka menuntut kesejahteraan, perlindungan hokum, jaminan sosial pekerja dan keluarganya, kenyamanan dan keteanangan bekerja.
Tuntutan mereka akibat kebijakan perusahaan selama ini   yang memperlakukan pekerja semena-mena, seperti; membayar upah  di bawah ketentuan upah minimum, jam kerja mencapai 10 jam perhari, tidak memasukan pekerja dan keluarganya pada jaminan kesehatan, tidak adanya hak istirahat/cuti, bayaran THR di bawah standar gaji bagi yang belum genap setahun dan menerapkan system kerja kontrak bagi para pekerja kendati pekerjaannya bukan pekerjaan kontrak.
Namun pihak perusahaan nampaknya tidak menggubris keinginan para pekerja bahkan para pekerja yang melakukan pemogokan sejak tanggal 6 Mei 2011 dinyatakan/ dikualifikasikan mengundurkan diri sehingga yang bersangkutan tidak lagi diperbolehkan masuk kerja di PT Micro Garment.   







Tidak ada komentar:

Posting Komentar