Berita Foto dan Video



Selasa, 12 Juli 2011

Sekitar 5.000 Buruh Tolak Penggusuran Pabrik









Sekitar 5.000 buruh yang tergabung dalam Forum Peduli Buruh Bersatu (FPBB) Kota Bandung, Selasa (12/6), melakukan unjuk rasa ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan DPRD Kota Bandung terkait dengan Surat Perintah (SP) pengosongan sejumlah pabrik di kawasan Jalan Kiara Condong, jl. Jakarta, Jl. Banten.
Menurut Ketua FPBB, Wagiyanto, unjuk rasa tersebut dilakukan buruh mengingat dengan ditutupnya sejumlah pabrik di kawasan tersebut akan berdampak menganggurnya sekitar 5.000 orang buruh.
“Bila masing-masing buruh sudah berkeluarga dan minimal mempunyai dua orang anak, maka yang terancam jatuh miskin sebanyak 20.000 orang”,katnya.
 Apalagi saat ini, katanya, anak masuk sekolah dan sebentar lagi memasuki bulan puasa dan lebaran.
Sejumlah anggota DRPD Kota Bandung, seperti Ahmad Nugraha, Yosep Saeful Akbar dll turut melakukan orasi di atas mobil truk para demontran sambil meneriakan hidup buruh.
Ahmad Nugraha mengatakan mendukung upaya yang dilakukan para buruh.
Menurut salah seorang staf Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya yang tidak mau disebutkan namnya mengatakan bahwa SP tersebut sebenarnya sudah dibuat dua kali namun kejadiannya serupa dengan hari ini sehingga kontraknya sempat diperpanjang satu kali lagi sampai puluhan tahun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar